Home » » Mouse dan Fungsinya

Mouse dan Fungsinya

Mouse dan Fungsinya
Mouse kalau dalam bahasa Indonesia adalah tikus. Memang sekilas mirip bentuk tikus sebab ada bentuk tubuh dan ekornya. Mouse ini memang banyak fungsinya. yang tentunya akan kami bahas disini dengan fungsi fungsi tadi siswa akan tahu fungsi mous dalam ilmu komputer. Dalam materi TIK untuk siswa MTs/SMP amaupun MA/SMA/SMK, mouse akan menjadi pembahasan hardware dasar. Jika tidak mengetahui mouse tentunya anda akan kesulitan menggunakannya. Namun untuk tahun 2016 ini tentunya banyak yang tahu tentang mouse. 

Mouse komputer merupakan perangkat keras (hardware) yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan). Artinya perangkat yang memang berfungsi untuk mengarahkan kursor. Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Berbeda dengan tanpa menggunkan mouse. Pergerakannya lebih susah. Di dalam perangkat mouse Jadul atau mouse jaman dulu ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Kalian para siswa jika pembasaran bisa bongkar mouse lama yang tidak terpakai. Namun sekarang sudah tidak menggunakan bola kecil, akan tetapi menggunakan sensor. Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.


Berikut ini adalah beberapa fungsi mouse komputer yang sering kita jumpai dalam mata pelajaran TIK:
  1. Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).
  2. Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
  3. Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
  4. Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
  5. Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.
  6. Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemroses.
  7. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
  8. Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
  9. Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.

0 comments:

Post a Comment